Keuntungan Pengajuan Rumah di Bank Tabungan Negara


beberapa bank di Indonesia menawarkan berbagai macam keuntungan untuk nasabahnya agar selalu nyaman dan aman menabung di bank tersebut. Salah satu cara yang dilakukan oleh Bank Tabungan Negara atau disingkat dengan Bank BTN melakukan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN. Program ini ditujuakn kepada nasabah bank BTN dengan sistem kredit untuk mendapatkan hunian rumah yang diimpikan.

Ilustrasi
Bagaimana cara mengajukan KPR di bank BTN? Caranya gampang dan mudah dilaksanakan oleh semua nasabah bank yang memiliki logo berwarna kuning dan biru itu. Berikut cara agar lolos KPR BTN :

a. Kenali dan fahami program KPR BTN
Sebaiknya anda yang akan mengajukan Program Pemilikan Rumah Bank BTN, anda harus pandai-pandai mengerti dan faham tentang program ini. Anda harus mencari informasi terkait pengajuan ini. Bagaimana cara yang akan ditempuh, persyaratan apa yang diperlukan dan berapa bunga yang ditawarkan oleh bank serta resiko yang dihadapi jika kredit macet dan lain sebagainya. Hal itu perlu anda ketahui melalui pegawai bank secara langsung atau dengan menggunakan gadget anda sebagai solusi jitu. Browsing di internet dan telusuri seluk beluk tentang program KPR BTN ini. Sehingga dengan anda faham dan mengerti programnya, anda akan lebih mudah lolos pengajuan KPR BTN.

b. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan
Dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan Program Pemilikan Rumah BTN akan membuat anda semakin dipercaya oleh pihak bank bahwa anda telah siap dan telah memenuhi kriteria pengajuan dengan baik. Dokumen yang perlu anda siapkan diantaranya biodata atau identitas diri anda dan juga kelengkapan dokumen mata pencaharian anda serta jika anda sebagai pengusaha, dokumen yang perlu anda siapkan yaitu Surat Izin Usaha dan tanda daftar dari usaha yang anda kelola.

c. Hitung Prosentase Pendapatan anda dan Jumlah Hutang yang Anda Miliki
Jika anda memiliki prosentase tidak seimbang atau lebih banyak hutang anda dibandingkan dengan pendapatan yang anda dapatkan, maka peluang anda untuk lolos akan berat. Maka dari itu, perlu anda perhatikan bahwa keseimbangan antara modal dan hutang harus seimbang. Karena bank memiliki sistem sendiri untuk menghitung antara pendapatan anda dan juga hutang yang anda miliki sebagai salah satu syarat wajib pengajuan Program Pemilikan Rumah Bank Tabungan Negara. Jika anda masih memilki hutang banyak dibandingkan dengan prosentase pendapatan, maka sebelum anda mengajukan KPR BTN, lebih baik anda melunasi hutang anda terlebih dahulu. Setelah itu, baru anda dapat mengajukan KPR dan peluang lolos akan semakin besar.

d. Rajin Menabung
Anda yang sering menabung di Bank BTN akan mendapatkan prioritas lebih dibandingkan dengan yang jarang menabung. Pihak bank akan memberikan peluang besar bagi anda untuk lolos dalam pengajuan Program Pemilikan Rumah. Anda dianggap sebagai nasabah yang baik karena telah rajin menabung di bank tersebut serta anda sebagai nasabah yang telah mempercayai bank tersebut secara penuh. Maka dari itu, jika anda ingin mengajukan KPR BTN, maka rajinlah menabung.

e. Riwayat keuangan nasabah
Anda sebagai nasabah bank tentunya memiliki riwayat keungan berbeda-beda. Dalam hal ini, bank akan melihat riwayat keuangan anda baik di bank BTN maupun di bank lainnya. jika anda pernah terkena permasalahan di bank lain, maka anda akan tidak lolos dari program pengajuan KPR BTN. Maka dari itu, sikap baik dan riwayat keuangan yang baik akan sangat berpengaruh untuk lolosnya pengajuan KPR.

Setelah memenuhi beberapa persyaratan diatas, anda akan lebih mudah untuk lolos seleksi pengajuan KPR di bank BTN. Yang paling penting yakni berbagai keuntungan yang didapatkan oleh peserta dari program KPR BTN.

Keuntungan membeli rumah dengan cara KPR BTN dapat membeli rumah dengan dana minimalis. Biasanya cukup menyediakan dana awal saja, hanya dengan 20-30% dari harga rumah dan ditambah dengan biaya pengajuan di KPR anda sudah bisa mendapatkan rumah baru. Setelah itu juga, rumah baru sudah siap untuk langsung anda tempati dengan keluarga.

Keuntungan selanjutnya yakni karena harga rumah yang selalu naik setiap tahunnya, jadi anda sebagai nasabah yang mengajukan program KPR BTN ini dapat dengan mudah membeli rumah mahal dengan dana minimalis. Meskipun disisi lain prosesnya melalui kredit, tetapi keuntungan ini tidak serta merta bisa didapatkan oleh nasabah lain yang tidak melakukan pengajuan rumah BTN.

Keuntungan berikutnya, jika anda telah disetujui oleh bank terkait program KPR, anda akan mendapatkan rumah yang telah memiliki sertifikat resmi dari pemerintah. Sehingga rumah anda telah terjamin legalitasnya serta yang terpenting rumah anda telah aman. Selain itu juga rumah anda telah diasuransikan oleh pihak bank.

Program ini telah memberikan keyakinan lebih kepada nasabah untuk memiliki hunian dengan cara kredit dan juga dengan cara gampang. Yang terpenting adalah rumah yang nantinya dapat dimiliki berasal dari perusahaan properti yang telah dijamin legalitasnya oleh pihak bank BTN.

Posting Komentar

0 Komentar